TAK SELALU TENTANG CINTA

Bebaskan ide kalian jangan terbatas hanya tentang cinta. Dunia remaja memang banyak terpusat tentang cinta, cinta pertama, pertemuan pertama,nembak, penolakan, kekecewaan, penghianatan, cinta monyet, cinta segitiga, cinta diam-diam, cinta bertepuk sebelah tangan, patah hati, back street. Tapi cinta juga tidak hanya terbatas pada perasaan berbeda jenis saja, cinta bisa lebih luas lagi cintapada orang tua, cinta pada alam,cinta pada diri sendiri, cinta pada Tuhan, cinta pada hobby, makanan, benda, hingga cinta pada hal-hal yang lucu dan aneh, dan unik contoh cinta sepasang kecoa atau cintamu pada sepatu kets butut bisa dijadikan banyak ide dalam cerpen-cerpenmu.

memang tema cinta memang paling disukai penerbit untuk dipublikasikan melihat penikmat bacaan seperti ini juga sangat banyak, namun dunia remaja tak hanya terbatas pada cinta bukan? Lebarkan pandanganmu, tangkap ide dari sekelilingmu yang belum pernah dibuat orang lain, sesuatu yang unik dan lain daripada yang lain. Contohnya tentang persaingan antar murid sekolah, bullying, penyalah gunaan narkoba, sopan santun yg mulai menipis, Anak-anak alay, misskomunikasi antar orang tua dan anak yang ngga jalan, kehidupan remaja jalanan, pernikahan muda, UAN, fashion, hingga jejaring social yang lagi in, kenapa tidak bahkan yang agak berat tentang trafficking, hingga pelecehan seksual dari sudut pandang kejiwaan bukan pada penggambaran pelecehan itu yang berakibat karya kalian termasuk karya yang menjurus pada pornografi..he…he…

Banyak sekali ide-ide yang dapat kita gali dari kehidupan sehari-hari, dan yang paling mudah adalah diambil dari pengalaman hidup kalian sendiri yang kalian anggap menarik tentu saja dengan sedikit bumbu biar agak menarik. Nah, mulai edarkan pandangan, jeli menangkap ide yang bersilewaran dan mulailah menulis! Write it or it will Vanish!

14 Komentar

Filed under ide

14 responses to “TAK SELALU TENTANG CINTA

  1. Tari-ssi

    banyak tema, semuanya kalau ditulis dengan niat akan menghasilkan sesuatu yg indah buat dibaca🙂
    salam kenal, kunjungan pertama nih.

  2. haloo.aku juga nih lagi berusaha bikin novel dan karya yg bisa dibukuin…secara LAYAAAAK.,

    abisnya tulisan-tulisan aku itu suka terkesan NGASAL…pdhl di balik kengasalan dan kekacreutannya itu ada makna tersendiri loooh *mkana menyesatkan* hehhe.salam kenaaa; yah.

    semoga kt bs byk share nih,
    di tunngu kunjungan baliknya😉

  3. Mbak, selling point apa?
    Atau siapa saja deh yang tau

  4. Kasih contoh dong mbak?
    Maaf ya klo sya dkit nyusahin

  5. rida

    mbak,,,
    dari smp aku suka nulis tp belum pernah ngirim cerpen ke majalah (nggak pd). Tp tmn2 blg cerpen saya bagus makanya skrg saya mau coba. Apalagi abis nemu blog ini jd tambah semangat.🙂

    • kenapa ngga coba kirim ke majalah org ngga bakal tahu juga cerpen kamu ngga dimuat kalo kamu ngga bilang ke mereka, tapi kalo dimuat ngga dibilanginpun semua orang tahu.Ok, selamat mencoba! Kalo dimuat kasih khabar yaa

  6. Nda chuby

    Mba aq mau tanya…
    Apa aja sih yg perlu diperhatikan saat menulis cerpen? emangnya harus ya, tata bahasa dan tulisannya harus bener2 teratur pas waktu dikirim?
    Makasih ya mba, slm kenal.

    • tata bahasa harus diperhatikan, begitu juga penulisan tanda baca dan huruf besar walaupun ceritanya tentang remaja, boleh menggunakan bahasa sehari-hari tapi untuk percakapan saja. Tapi kalau kamu punya kelemahan untuk pemilihan kata, tata bahasa, dan penulisan huruf besar, ide harus beda lain daripada yang lain, tulisanmu akan dilihat!

  7. Nda chuby

    Makasiiiihhhh bangettt ya mba…
    Salam kenal ya, aku sangat mengagumi pembelajaran dr mba yg aku baca.🙂
    Aku memang punya kelemahan membuat kata2 dalam menulis, padahal cerita2 yg aku punya udh banyak. Aku ga ngerti harus pakai tulisan apa, spasinya berapa & harus berapa page untuk cerpen yg aku buat??😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s