Monthly Archives: Juni 2010

PENGEN JADI PENULIS NOVEL TERKENAL IKUTI LOMBA MENULIS ROMANCE GAGAS MEDIA

Udah nggak zamannya lagi berkhayal menjadi penulis terkenal. Saatnya tunjukkan talenta menulismu di KOMPETISI MENULIS “100% ROMAN ASLI INDONESIA” dan berkilauanlah sebagai penulis muda berbakat bersama GagasMedia!

Syarat-syaratnya gampang banget:

•Naskah novel harus asli buatan sendiri, bukan saduran apalagi jiplakan. Naskah ber-sub genre roman apa saja—domestic drama, mainstream, classic, atau teen. (keterangan masing-masing sub genre bisa kamu kulik di link: http://gagasmedia.net/Syarat-pengajuan-naskah.html).

o Buat referensi domestic drama, baca After the Honeymoon (Ollie), Alphawife (Ollie), dan Dongeng Semusim (Sefryana Khairil).
o Buat referensi mainstream romance, baca Baby Proposal (Dahlian & Gielda Lafita), Dia (Nonier), Pillow Talk (Christian Simamora), dan Orang Ketiga (Yuditha Hardini).
o Buat referensi classic romance, baca Morning Glory (LaVyrle Spencer) dan From Batavia with Love (Karla M. Nashar).
o Buat referensi teen romance, baca Ai (Winna Efendi) dan Refrain (Winna Efendi).

• Panjang naskah 75-150 hal A4, spasi 1, Times News Roman 12. Sertakan sinopsis keseluruhan isi cerita, maks. 2 hal.

• Buat video (durasi maks. 3 menit) berisi promo singkat novelmu dan kenapa novel ini layak menang. Video di-upload di Youtube, Facebook, atau media videoshare lainnya.

• Naskah berbentuk print out sebanyak 1 (satu) eksemplar. Sertakan formulir lomba (download di http://www.gagasmedia.net atau di website resmi lomba http://www.gagasromanindonesia.com). Kamu wajib mencantumkan link video buatanmu di formulir.

• Kirimkan naskah dan semua elemen pelengkapnya ke: REDAKSI GAGASMEDIA, Jl. Haji Montong No. 57, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12630 (Kode: 100% ROMAN ASLI INDONESIA—tulis di amplop naskahmu)

• Naskah ditunggu paling lambat 25 September 2010 (cap pos).

• Pengumuman seleksi I : 11 Oktober 2010 melalui website lomba. Peserta yang lolos seleksi I wajib mengirimkan 4 kopi naskah ke redaksi GagasMedia (kode: 20 Besar 100% Roman Asli Indonesia).

• Pengumuman pemenang bisa kamu lihat di website resmi lomba pada tanggal 15 November 2010.

• Keputusan juri tidak bisa diganggu gugat.

Hadiahnya? Mmmh, nggak kalah seru!
Juara 1 : uang tunai Rp 5.000.000, kontrak penerbitan* dari GagasMedia, paket buku, dan paket holiday trip untuk kamu dan pasangan
Juara 2 : uang tunai Rp 3.000.000, kontrak penerbitan* dari GagasMedia, dan paket buku.
Juara 3 : uang tunai Rp 1.500.000, kontrak penerbitan* dari GagasMedia, dan paket buku.
*Diatur dengan ketentuan tersendiri

Tunggu apa lagi? Mulailah bekerja dengan laptop—dan jangan lupa siapkan kopi serta camilan. Start writing your romance novel and be a star!

Ada berita bagus nih, lomba ini diperpanjang sampai tanggal 25 Oktober 2010, penjurian tahap I (20 finalis)diumumkan tanggal 11 November 2010 sedang pengumuman pemenang pertama, kedua, dan ketiga, tgl 15 Desember 2010!

Iklan

21 Komentar

Filed under lomba menulis

Idola

semua pasti punya Idola dari orang-orang besar hingga selebritis. Kenapa ngga nulis tentang idola kita? Soalnya tiga kata saja tidak cukup melukiskan kekaguman kita pada idola kita itu bukan? Apalagi sekarang banyak yang suka bikin fanfiction gitu.

Aku sering banget membuat cerpen yang terinspirasi dari idola-idolaku, baik itu cerita hidupnya, cara mencapai karirnya, Quote-quotenya, ataupun tentang kecintaanku pada idolaku tersebut.

Ceritanya bisa tentang pengalaman kamu dengan idolamu itu, entah pertemuan dengan idola, marahan dengan pacar gara-gara idola, atau merchandise idola kamu yang tiba-tiba lenyap diambil si pengutil misterius. Wah, kalo tentang idola banyak banget yang ingin kutulis….ha…ha…ada satu cerpen temanku ratih Setiawati yang dimuat di Majalah cerkit judulnya “Sehari bersama Beckam”, ceritanya si Beckam yang lagi liburan sama Klubnya di Jakarta tiba-tiba nyasar, trus ketemu si tokoh “aku” yang ngefans abis sama dia, ceritanya kocak banget! dari keliling kota naik angkot, sampai dikejar-kejar fansnya Beckam. Walaupun “ngayal” tapi seru aja tuh! terserah mau bikin yang kocak, romantis juga boleh, misal si tokoh aku yang aktris diminta main drama di Korea dan lawan mainnya Lee Minh Ho! Eh, atau tiba-tiba saja si aku yang merana ngga ada yang ngajak ke pesta prom, diminta Rain jadi pasangannya ke prom.

Kadang tidak hanya interaksi si “aku” dengan idolanya yang dijadikan ide cerpen tapi hanya nama, lagu, atau kemiripan yang aku sisipkan dalam cerpen. Misal, cowok itu berwajah agak oriental, dengan senyum manisnya yang mengingatkan aku pada Kim Bum! Matanya maut! seindah mata Edward Cullen! Sayup-sayup kudengar lagu The way You look at Me Christian bautista mengingatkan aku saat-saat kau menatapku. Untuk kesekian kali aku menonton Film Up dan aku terhanyut oleh cerita Carl dan Ellie, apakah aku akan bertemu dengan “Carlku” suatu hari nanti?”. Cowok itu memainkan pianonya, sekilas aku terkesima, bagai melihat Kevin Aprillio!

Wuih! kalo tentang idola aku ngga kehabisan ide dan kata-kata. Serasa tiada habisnya, mereka adalah sumber inspirasi dan ide.

4 Komentar

Filed under ide