special stories at special moments

Pengen cerpenmu dipilih sama editor trus dimuat di majalah atau tabloid mereka, bikinlah cerpen yang sesuai dengan momen saat itu
1. Bisa peringatan hari kartini, hari ibu, hari pendidikan hari kemerdekaan, hari buruh, hari raya idhul fitri, idhul Adha, Natal, dll.
dari momen hari-hari diatas kamu temukan tema yang kira-kira sesuai dengan momen hari-hari tersebut genrenya terserah mo horor kek, komedi kek, romance kek, keluarga kek, persahabatan yang penting ada hubungannya dengan momen tersebut. Contoh tentang Indhul Fitri, mungkin kamu bisa bikin tema memaafkan mantan pacar yang telah menyakiti kamu, Hari kartini tentang si tomboy Anya yang ingin berlomba menaklukkan puncak gunung di hari kartini melawan Aldo si ketua pecinta alam yang sombong yang diam-diam menaruh hati pada Anya, hari ibu, tentang perjuangan Lestari yang ingin membahagiakan ibunya yang lumpuh. banyak sekali ide yang dapat kita gali dari hari-hari istimewa tersebut tinggal kita bisa mengembangkan idenya aja. ceritanya bisa tentang hari istimewa itu disebutkan dalam cerita, atau bagaimana si tokoh utama menghadapi hari-hari istimewa tersebut ditengah masalah yang dihadapinya? Atau esensi hari-hari istimewa yang dapat kita tangkap dan dijadikan tema, misalnya hari kartini esensinya tentang emansipasi wanita, hari ibu tentang penghargaan sang anak terhadap betapa mulianya ibu mereka, hari kemerdekaan, betapa bahagianya hidup dizaman kemerdekaan, kemerdekaan berpikir, meraih pendidikan, Hari raya idhul fitri tentang kepekaan sosial kita, kelapangan hati meminta maaf dan memaafkan.
2. Momen yang dirayakan remaja, Valentine, New Year, Prom, hallowen, April Mop,liburan,dll.Buatlah judul yg ada valentine, Prom, Liburan, contoh Liburan terakhir di bali, Valentine sudah usai, Prom terindah. Biasanya majalah atau tabloid membuat edisi spesial untuk momen diatas, kalo kalian mengirim cerpen yang ada judul yang tepat dengan momen edisi spesial itu, kemungkinan untuk dimuat akan lebih besar, kirimlah beberapa bulan, atau minggu lebih awal, jadi saat editor ingin memilih cerpen mana yang sesuai mengisi edisi spesial itu cerpen kamu yang berjudul tepat dengan momennya akan jadi perhatian lebih dahulu dibanding cerpen-cerpen lainnya walaupun cerpennya ada hubungannya dengan momen tersebut. Asyiknya lagi cerpen kita dimuat di edisi spesial, kalo dimuat lho…he…he…
3. Setiap bulan ada cerpennya
contoh bulan september, September ceria, Bulan Desember judul cerpennya Desember kelabu, Januari Biru…whatever, kadang editor memilih cerpen yang sesuai dengan bulan edisi terbit mereka.
4. Sesuai tren,
Saat ini lagi tren Bahasa Alai, Viera, Pasha Ungu, UAN, Markus, Facebook, Twitter, Miyabi, bisa jadi ide untuk membuat cerpen, Majalah kadang bikin edisi khusus Band ngetop, cari cerpennya yang sesuai dengan Band ngetop itu. atau lagi membahas Bahasa gaul, mereka mencari cerpen yang ada hubungannya dengan bahasa gaul, tentang facebook, cari cerpen yang ada facebook-facebooknya.
Well, tunggu apalagi sebentar lagi kan prom, trus ulangan semesteran dan liburan buruan bikin cerpen yang ada hubungannya dengan itu, Ngirimnya lebih awal jangan sampai momennya lewat. kirim deh ke majalah dan tabloid mudah-mudahan dimuat yaa. Chayoooo

2 Komentar

Filed under ide, Uncategorized

2 responses to “special stories at special moments

  1. Yanarica

    Mbak, aku mau tanya…mbak kan bilangnya kalau ngirim cerpen harus nunggu sekitar 1-3 bulanan kan?
    Seandainya nih aku bikin cerpen tentang piala dunia….tapi seandainya aku kirimnya sekarang….ada kemungkinan diterima nggak? soalnya takutnya saat orang redaksinya baca, eventnya sudah lewat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s