Ada apa di Majalah Kawanku No.64?

Ada apa dimajalah Kawanku No.64 Yang Covernya Justine Beiber? Sttt…Buka halaman cerpennya dan….tretetetet…tetet….Ada Cerpen Yang judulnya Pangeran Alam, penulisnya yang punya blog ini….he…he…

Lama banget aku ngga ngririm cerpen ke Majalah Kawanku, sebenarnya ada sih beberapa cerpen yang kukirim ke Kawanku tapi mungkin ngga layak muat, sekarang pas dimuat malah aku ngga tahu? Taunya pas liat buku tabungan kok ada transferan?….he…he…

Udah ada feeling deh kayaknya dari Majalah Kawanku. Aku dan Majalah Kawanku itu punya stori yang sangat panjang. sekedar bocoran, cerpen pertamaku yang dimuat majalah, Ya Majalah Kawanku judulnya Cermin, waktu Majalah Kawanku masih baru terbitnya, Covernya Edward Furlong. Waktu itu aku girang bukan kepalang, rasanya gimana gitu melihat karya sendiri di majalah…ngga percaya…bingung kok bisa dimuat?…he…he…Terima kasihku pada Majalah Kawanku yang telah memberiku keyakinan dan kepercayaan diriku, bahwa karyaku dihargai dan dapat dinikmati.

// <![CDATA[src=”http://kumpulblogger.com/dam.php?b=98998&#8243; type=”text/javascript”>]]>
</script>

44 Komentar

Filed under Cerpen, Majalah, Uncategorized

44 responses to “Ada apa di Majalah Kawanku No.64?

  1. masmpep

    selamat bu. senang membacanya. berharap satu saat saya memosting hal serupa, he-he-he.

    salam blogger,
    masmpep.wordpress.com

  2. zulazula

    assalamualaikum salam kenal.. hehe aku mau coba kirim ke kawanku tapi lewat post ya? apa bisa lwt email?? aku mau dunk alamat emailna… terus syaratnya pa? kl cerpenku dl pernah dimuat di majalan Girlfriend edisi juli 2008. pengen coba ke majalah kawanku. makasi ya.. main-main dunk ke blogsku🙂

    • wa alaikum salam. kirim aja liwat pos bisa tapi kayaknya lebih cepat pake e-mail karena langsung dibaca tanpa antri dulu. kalo liwat poskan mesti buka-buka amplop, agak ribet dikit. liwat e-mail kirim ke fiksi-kawanku@gramedia-majalah.com, atau cerpenkawanku@gmail.com
      Biasanya aku nunggu hingga 3 bulan baru dimuat, cerpen terakhirku pangeran Alam aku kirim sekitar Desember, Januari udah dimuat, surprise bisa cepet! Padahal baru cerpen itu yang kukirim liwat e-mail. Selamat mencoba, yaa…

  3. selamat ya mbaaaaa…
    duhhh aku berharap bisa mengikuti jejak langkah mbaa..hheee..
    aku juga suka menulis nih mbaa, dari dulu malah tapi mau dikirim ke majalah tuh gak negrti ngerti..hheee….
    and aku juga ikut sanggar sastra juga dikampus berharap menambah ilmu dan bisa menjadi media untuk menyalurkan karyaku…hhee
    mbaa…tips2nya apa aja sih biar karya kita bisa dimuat di media dan berapa honornyaaa?? hhee
    makasihh mbaaa

    • Cara ngirim cerpen ke majalah bisa liwat e-mail, bisa liwat pos. Kayaknya lebih cepat liwat e-mail deh! Langsung ke baca sama editornya, ngga pake ribet buka amplop segala, belum lagi pake nyasar! Makanya bikin judul yang nendang, biar editornya sekali lihat langsung penasaran kayak apa nih ceritanya, walo ceritanya bagus kalo judulnya kayak karya ilmiah editornya jadi males bacanya. Tips biar dimuat, rajin-rajin aja kirim ke media yang memuat cerpen, toh ditulak ngga ada orang yang tahu kalo dimuat semua pada tahu. Aku juga sering ditolak, ditolak satu aku balas kirim lima cerpen, mungkin majalahnya kasihan kali, akhirnya dimuat juga…he…he…kalo cerpen kita udah berkali-kali dimuat satu majalah itu satu keuntungan buat kita, editornya udah kenal ama nama dan karya kita tapi tentunya karyanya juga nilai. Kamu suka bikin cerpen apa? Remaja? Percintaan? keagamaan? Sosial? kirim ke media yang sesuai dengan cerpen kita tulis. Yang penting ide harus beda dengan cerpen-cerpen yang sudah ada, kalo idenya biasa, cara penceritaannya yang dibikin beda. Ngga perlu banyak mikir karya kita ini dimuat ngga, dimuat ngga, ntar ngga ke kirim-kirim, jadi satu cerpen langsung kirim, biar dicela toh kita juga ngga denger kan?….he…he…untuk honor tabloid rata2 Rp.150 ribuan, majalah antara Rp.200ribuan sampai Rp.300 ribuan. Oke? kasih tahu yaa, kalo cerpenmu udah dimuat. Salam.

  4. ya ampunnnm mbaa…makasih yaa udah ngasih info yang bermanfaat…aku jadi nambah pengetahuan nih…
    mbaa….aku mau tanya, kalo misalkan satu judul cerpen dikirimnya ke satu majalah aja atau boleh dikirim ke majalah lain juga (dengan ceirpen yang sama)? gak boleh ya mba??
    mbaa…aku sih kadang bikin cerpen remaja ataupun bertemakan keluarga gitu. biasanya majalah yang peluangnya gede majalah apa ya mbaa?? majalah kawanku ya mba??
    iya ntar aku kasih tau kalo aku cerpennya dimuat, itu pun kalo dimuat..hheee…
    makasihh mbaa…

    • kalo bisa satu cerpen, satu media, kalo udah dua bulan lebih ngga ada kabarnya baru kirim ke media lain. Ntar kalo ada dua majalah yang muat gimana? tergantung, kadang ada satu majalah udah aku kirim berkali-kali tapi cerpenku tetep dicuekin, tapi pas cerpenku yg dicuekin itu dikirim ke majalh atau tabloid lain malah dimuat…he…he…bingung juga, aku kirim aja kesemua penerbitan yang ada cerpennya, kalo yang satu nolak,kirim ke majalah yg lain. Ada tabloid dan majalah yg lekat banget di hati aku salah satunya ya Majalah Kawanku, Tabloid Gaul dan majalah Teens, coba kirim ke situ.

  5. mbaa aku mau tanya, kalo kriteria pengiriman naskah cerpen biasanya ada kriterianya ga sih tiap majalah?? terus, kalo majlah kawanku biasanya kriterianya apa mbaa?? makasih

    • kriteria tiap media itu beda-beda, tapi rata-rata untuk cerpen 6 sampai 7 halaman folio atau kwarto. Kadang kalo ceritanya benar-benar bagus, 5 halaman atau lebih 7 halaman dimuat juga. Yang pasti ceritanya harus remaja, terserah cinta, petualangan, persahabatan, sekolah, apa saja yang penting meremaja, Diketik rapi, perhatikan tanda baca, dan ejaan, kecuali ungkapan boleh aja agak gaul sedikit tapi jangan kayak nulis SMS, gue jadi gw, aku jadi aq, kecuali ceritanya si tokoh nulis sms…he…he…konon menurut editor kalo dua halaman pertama asyik dibaca, bisa dilanjutin, tapi kalo halaman pertama aja udah acak adul…jadi males bacanya. Logika juga penting, misalnya pembantu ngga mungkinkan pake Bahasa Inggris kecuali untuk lucu-lucuan. Atau tanpa ada alasan apapun tokoh yang tadinya jahat jadi baik. Spasi dua atau satu setengah. Jangan lupa tulis surat singkat berisi bioadata dan no. rekening. Tulislah dengan hati setelah itu baca dengan pikiran, dimuat atau tidak itu urusan nanti seperti The massive bilang, Jangan menyerah…jangan menyerah…teruslah berkarya.

  6. makasihhh mba atas jawabannyaaa…sangat membantu, hhee…
    ohh…berarti jangan sampe 1 cerpen dikirim ke banyak majalah ya mbaaa, kecuali cerpen kita udah ga dilirik ddi satu majalah, baru deh boleh kita kirim ke majalah lain…gitu ya mbaaa??? berarti kita mesti awasi terus donk perkembangan majalah yang kita kirimi cerpen…kali-kali cerpen kita dimuat..hheee
    mbaa…boleh minta alamat e-mail redaksi majalah gaul and teens gaa??
    makasihh mbaaa….

    • Majalah Teens : Jl. Guru Mughni No 2 Karet Kuningan Jakarta Selatan 12940, Tabloid Gaul : Jln Kedoya Duri Raya No. 36 Kebon Jeruk Jakarta 11520, dua terbitan ini walaupun hanya memuat satu cerpen, tapi mereka terbitnya seminggu sekali jadi dalam sebulan mereka nerbitin 4 cerpen! Kalau kamu kirim, kira-kira liat di Gaul setelah sebulan. Mereka muatnya cepet loh! Kalo Majalah Teens biasanya sebelum dimuat dihubungi by phone kalo cerpen kita sudah masuk daftar tunggu, kalo udah gitu liat aja terbitan berikutnya udah muncul deh cerpen kita…he…he…

  7. ohh gitu ya mbaaa…
    mba, alamat e-mailnya gak ada tah? kalo by post lama and ribet yaa…hheee…
    kayaknya cerpenku gak bakal dimuat deh mbaa….saingannya aja mba, berat banget deh buat aku…hhee
    tapi, gak ada salahnya lahh dicoba…ya gak mba???
    mba, kalo kriteria di gaul apa aja mba??

    • Ngga ada e-mailnya, aku ngirim kesana biasanya pake pos, mereka cepet kok responsenya termasuk ngirim honornya…he..he… coba aja! Kamu ngga tau kan cerpen yang kukirim ngga semua lolos kok…he…he…kriterianya kayaknya sama aja kayak majalah atau penerbitan lainnya 6 sampai 7 halaman folio atau kwarto spasi 2 atau 1,5. Ceritanya menarik, diketik rapi dan tentu saja cerpennya remaja. Kirimnya pake pos tercatat, cepet!

  8. oh gitu ya mbaa…okee dehh….akan aku coba, hheee..
    wish me luck ya mba…..

  9. zie

    mbak bleh nanya kn?
    kalau mau ngirim cerpen atau puisi ke alamat majalah kawan ku ke alamat imel mana y?
    mkcih…

  10. zulazula

    makasi ya udah dijawab😀 hoho

  11. yunita riany

    ass…
    mbk, sebelom aku tanya tentang cerpen. aku mo tanya dulu :
    mbk ada fb gk?? kalo ada apa?? biar kita bisa temenan di sana.
    thks

  12. Riska

    Salam, mba.
    aku barusan coba kirim email ke kawanku ke fiksi-kawanku@gramedia-majalah.com, tapi nggak sampai…mungkin mereka sudah ganti alamat email?? tapi aku coba yang cerpenkawanku@gmail.com masih bisa🙂

  13. mia

    mba misfah mau nanya, kalo mau ngirim lewat pos caranya gimana ya ? aku tertarik mau ngirim cerpen ke majalah gaul. mohon dijawab ya mba🙂

    • print cerpen kamu sekitar 6-7 halaman folio atau kwarto spasi 2 atau 1 1/2, masukin amplop, tulis alamat majalah Gaul di kanan bawah amplop dan nama dan alamat kamu sendiri di kiri atas jangan lupa menulis kata cerpen gede di kiri paling atas amplop, ngirimnya terserah mau pake prangko atau kilat tercatat rasanya harganya hampir sama, kalo didaerahku kilat tercatat sekitar 5000-an, langsung sampai dihari yg sama. Oh ya sisipin satu lembar surat berisi biodata dan no rekening atau alamat lengkap kamu, di stapler di cerpennya biar ngga lepas. Tunggu aja kalo sampai 2 bulan ngga ada wesel yg datang berarti ngga di muat. OK?

      • mia

        oh gitu mba , makasih ya mba hehe
        oh iya aku lebih tertarik lagi ikutan LMCR 2010 mba. pengen banget ikut tapi aku mau nanya lagi deh mba. tema butir 3 itu maksudnya apa ya ? hehe makasih sebelumnya ya mba

  14. Fitria

    Mba,, aq mau nanya nic,,
    Aku udch 5 kali kirim cerpen q ke tabloid gaul,tpi ng’ak pernah di muat,apa karna cerpen q jelek atau waktu ngrim’y nyasar,, hehehe
    Minta saran don’k mba,biar bisa nulis cerpen bagus kyak mba,, !?

    • jangan di GAUL aja kirim aja kesemua penerbitan dan jangan menyerah. Di blogku ini ada beberapa kutulis tentang nulis cerpen, tapi bagi aku cerpen itu kayak finger print, menulislah dengan “gayamu”, gaya orang lain belum tentu bagus untukmu. menulislah dengan hati, dan selalu peka dengan ide, baik itu yang lagi “hot” belakangan ini, atau pun peristiwa yang terjadi di keseharianmu.

  15. bojeng

    hey..hey..
    mba aku mau nanya nih…
    kalo ngirim cerpen lewat email tuh mesti nunggu majalahnya gembar-gembor ada lomba tulis cerpen ga sih??
    ato kita kirimin aja mu kapan pun ituh??
    soalnya aku punya cerpen yg disimpen dari jaman SMA..
    hehe..
    makasi mba ^^

  16. Karlina

    aku mau nanya dunk,
    untuk memasukan cerpen / puisi itu ke kawanku ,
    gmna caranya yah??
    bsa kirim pake email ngak??
    makasi sblumnya ^^

  17. Titi

    Persayaratan kirim cerpen ke kawanku apa aj si??
    trus, ntar lo di muat dapet apa dari kawanku?

  18. Nanda

    Kak, ini aku nanda…
    Masih ingat aku kan?
    Aku pernah nge-post di blog kakak tentang lomba cerpen majalah kawanku….
    Waktu lomba majalah kawanku kali ini, aku ngirim cerpen, yg aku rasa ceritanya nggak terlalu remaja. Inti ceritanya itu seorang anak yang menemukan figur seorang kakek……
    Gimana ya kak???
    Memangnya cerita di majalah kawanku itu harus selalu tentang remaja???
    O ya kak aku termotivasi banget deh sama kakak….
    Aku jadi rajin bikin cerpen dan ngirimnya ke majalah…
    Tapi,,,, belum rezeki kali ya kak,,,, redaksi majalahnya nggak pernah nge-hubungin aku.. Itu kan tandanya nggak di muat ya kak.
    Maaf ya kak,,,, kalau aku ceritanya terlalu panjang lebar,,,,,,,,
    Di bls y kak……..
    ^_^

  19. Nanda

    Kak, ini aku nanda…
    Masih ingat aku kan?
    Aku pernah nge-post di blog kakak tentang lomba cerpen majalah kawanku….
    Waktu lomba majalah kawanku kali ini, aku ngirim cerpen, yg aku rasa ceritanya nggak terlalu remaja. Inti ceritanya itu seorang anak yang menemukan figur seorang kakek……
    Gimana ya kak???
    Memangnya cerita di majalah kawanku itu harus selalu tentang remaja???
    O ya kak aku termotivasi banget deh sama kakak….
    Aku jadi rajin bikin cerpen dan ngirimnya ke majalah…
    Tapi,,,, belum rezeki kali ya kak,,,, redaksi majalahnya nggak pernah nge-hubungin aku.. Itu kan tandanya nggak di muat ya kak.
    Maaf ya kak,,,, kalau aku ceritanya terlalu panjang lebar,,,,,,,,
    ^_^

  20. Nanda

    Aku biasanya ngirim ke majalah girl kak…
    Aku tu baru bisa bikin cerita buat anak2, kalau buat remaja, aku belum pernah coba, krn aku belum dapat cerita yg cocok…
    Jadi aku belum prnah coba ke majalah gaul atau pun teens, tp aku coba deh kak. Mudah2an aja aku bisa. Trims y kak

  21. askum mbak..
    mbak mau nanya nih..?
    Antara majalah teen sama kawanku itu proses penyaringannya cepat yg mana..?
    Nuansa cerpen di kawanku itu kayak gimana sih mbak?
    Trus kalo di majalah kawanku biasanya dapet telfon gak kalo cerpen kita dimuat..?
    Maaf y mbak kalo kebanyakan..
    Mohon dibalas..
    Sebelumnya trimakasi banyak..🙂
    .

    • Wa alaikum salam sama aja kayaknya, kalo cerpenku kamu dimuat dua-tiga minggu udah ada kok muncul dimajalah, cepet sih mereka, makanya judul harus nendang biar kebaca duluan, kalo paragaf pertama sudah bikin penasaran dan bikin orang penasaran pengen baca kisah selanjutnya itutermasuk poin lebih menarik perhatian editor.

  22. Aman

    Assalamu alaikum
    Senang bisa menemukan blog ini
    Saya hanya mau tanya, sekitar bulan Mei lalu saya mencoba ngirim cerpen ke KawanKu lewat email (klo g salah waktu itu beberapa kali tidak terkirim, mailer daemon,) akhirnya saya kirim yg pke gmail
    Tapi saya baru sadar klo karakter cerpen saya terlalu panjang (lebih dari 13000 ribu karakter) pdhal batasan maks mereka +/- 9000. Dan saya tidak mendapat kabar atau konfirmasi apapun, maka pada bulan Oktober saya kirim ke media lain (dengan asumsi cerpen saya tdk terkirim/tdk memenuhi syarat/ dan tidak mendapat respon)
    Pertanyaan saya, apakah langkah saya ini sudah tepat? Bagaimana saya memastikan naskah saya di KawanKu benar-benar blm layak, saya ingin alihkan saja ke media yg berktnya.
    maaf, pertanyaan saya terlalu panjang. Mohon sarannya, mungkin Mbak langganan juga majalah KawanKu.
    Terima Kasih. Wassalamu alaikum.

    • kalo sudah sebulan lebih bisa saja dikirim ke majalah lain, di Kawanku itu lumayan cepet memuatnya. Kalo satu majalah ngga ngeresponse bisa kamu alihkan ke majalah lain atau di cerpennya di makeover dikirim balik.

Tinggalkan Balasan

