Honor cerpen

Setiap kali cerpen kita dimuat ada kebahagiaan tersendiri melihat cerpen kita sendiri dipublikasikan, apalagi sampai dibaca dan diapresiasi dapat honor pula. Memang dari menulis cerpen kita ngga bisa serta merta jadi millioner.

Honor cerpen yang pernah kuterima berkisar antara Rp.25.000 hingga Rp.300.000 ribu rupiah. Tapi aku tidak mempermasalahkan berapapun honor yang diberikan, yang penting aku berkarya sebaik-baiknya, dimanapun cerpenku akan dikirimkan, media yang hanya memberi Rp.25.000 saja per cerpen atau Rp. 300.000 percerpen aku tetap mengirimkan karyaku. Bahkan dulu ada media yang hanya memberikan Rp.75.000 setiap cerpen dimuat sekarang mereka memberikan hampir Rp.300.000 ribu dipotong pajak tentunya.

Lucunya pernah cerpenku dimuat, honornya belum aku terima hingga berbulan-bulan ternyata honornya nyasar…he…he…kalau punya kejadian seperti ini cepat saja confirm ke medianya, mereka akan menindak lanjuti. Tapi untung saja aku beli medianya, pernah aku malah tidak tahu sama sekali cerpenku dimuat, tahu-tahu honornya datang.

Dulu media mengirimkan honor cerpenku biasanya liwat wesel pos sekarang tinggal tulis rekening bank kita aja dihalaman terakhir cerpen yang kita kirimkan, jangan lupa juga kirimkan sejenis surat pendek tentang biodata kita dan alamat yang jelas, kalo perlu No. Hp dan tentu saja no. rekening Bank tadi. kalau cerpen sudah dimuat dan honor sudah masuk rekening kita jangan lupa confirm lagi sekaligus mengucapkan terima kasih. hubungan baik dengan media itu hukumnya wajib, bukankah kita ingin cerpen kita terus-terusan diterbitkan bukan? selain karyanya layak muat, hubungan baik yang kita jalin dengan media membuat karya-karya kita terus exist diberbagai media penerbitan.

44 Komentar

Filed under Cerpen, Majalah, Uncategorized

44 responses to “Honor cerpen

  1. Nining

    Udh berkali2 ak ngirim cerpen ke berbagai majalah baik emal atau surat tp ga ada satupun yg di respon,apa krn karyaku yg ga bagus ya?

    • Terus aja bikin dan kirim, Ning! Jangan putus asa, yaa…ada buku Bagus, “AKU BISA NULIS CERPEN”, karya Joni Ariadinata, penerbitnya Gema Insani, dari buku ini kamu bisa belajar cara bikin cerpen yang bagus. Salam kenal yaa…

  2. ria yunita

    ass.
    mbakkk… q mo tanya nich…
    karya cerpen mbk dimana aja yang udah di muat?? akui udah bnyk kirim tapi tak satupun diomuat.
    minta email mbk dong? n’fb nya kalo ada
    thanks ya
    wass

    • di Kawanku, Gaul, Majalah Teens, Annida, Cerita Kita (Cerkit), dulu Majalah MODE. Mungkin belum aja, dulu aja aku kirim kemana-mana belum dimuat. Akhirnya dimuat juga, sabar ya say

  3. ria yunita

    mbak…
    email dan fb nya mbk apa??

  4. Saleh

    Ada gak media yang gak byr honor cerpennya mba. Oh ya apa mba bs bntu beliin buku aku bs nulis cerpen joni ariadinata?. Cos gak ada disni.

  5. Via

    Saya mau mengirim cerpen ke web Majalah Say, kalau dimuat di web itu dapat honor juga nggak? Atau cuma kalau dimuat di majalah cetaknya? Majalah Say itu bulanan atau mingguan?

    Kalau Majalah Story menerima kiriman naskah berbahasa Inggris juga, kan?

    Makasih bantuannya ^^

  6. KIKY

    Aku mau tanya nich,..

    honor yg paling banyak kakak terima untuk mengirim cerpen ke suatu media, di media apa kak??

    oya,majalah Kawanku, Gaul, Majalah Teens, Annida, Cerita Kita (Cerkit), dan Majalah MODE itu honornya berapa aja kakak?

    sebelumnya maaf kalau mengganggu dan terima kasih atas jawabannya,, ^o<

  7. arsyak

    mau tanya nih…

    penah aku menulis tapi bergenre horor di majalah tren, dimuat loh…(diberi honor 26.500 sekitar 5 tahun silam..
    skr lagi belajar jadi penulis nonfiksi (ilmiah)

    kira2 bisa gak ya jadi penulis fiksi (cerpen)?

    trims jawabannya

  8. hiiiii mbaaaa….
    infonya bagus bgt!!!!

  9. retno puspita

    mav..,bisa tolong kasih tau gak..
    gmana cara ngirimin karya-karya kamu..?
    c0z…,lagi ada tugas sekolah nie..,suruh cari bagaimana langkah menjadi penulis sedini mungkin..
    please…,

  10. Mba saya mau nny!! Klo mau dpet honor kta ngrim cerpen’y kmn??

  11. mbak misfa yg baek..
    salam kenal mb..ini putri pengin kenalan..siapa tau nular deeh kemampuan n kepinteran mb..Berharap bgtT_T
    Sy sbnrny dari es de–sampe es es a, sering nulis cerpen n alhmdllah diterima trus…tp seiring bertambah usia..kok imajinasi pikirannya macet :( so jadi tumpul banget nih mb,,Mhn saran2 n tipsny, btw sy sdh add Gmail n FB(kl ada YM/Gtalk-pls d’apprv ya)
    thks mb.sukses trs.

    • aku juga begitu putri suka macet, suka ngga ada ide, apalagi sekarang yg jadi masalah waktu, terus semangat ya Putri menulis, jeli aja melihat sekeliling, ide bisa dari mana saja.kok. Apalagi Putri bakatnya sudah ada tinggal diasah aja.

  12. Mbak sya mau tanya. Apa sekarang tim redaksi mengirim honor lewat rekening bank saja?

    Soalnya saya pengen kirim cerpen, tapi nggak punya rekening bank..

  13. zzz

    mbak honor cerpen paling gede dari majalah apa ya??? hehe

  14. moe

    mbk mau nanya nih
    kalo kita nggak punya rekening gimana redaksi mau ngirimin honornya? bingung ak. hehe

    thanks, mohon bantuannya

  15. silmy

    aku pengen ngirimin cerpen, tpi gk tau caranya, dan mash malu … ada saran engga???

  16. monic

    kirim cerpen itu hard copy apa sama soft copy nya juga?

  17. kakak, aku mau tanya niii :)
    kalok kita gak pny rekening gimana? pny ortu bisa gak ?
    makasi & salam knl ya kak :)

  18. aq mau kirim beberapa cerpen aku tapi aq binggung utk mengirim cerpen lewat email.
    saat saya baca disalah satu blog,katanya utk ngirim lwat email antara cerpen dan biodata hrs terpisah tdk boleh dlm satu file.
    tolong diberi penjelasan.

  19. sassassasa

    mbak, maap nih sebelumnya blogn ini mbak dapet honor gak?
    kalo iya caranya gimana?
    mbak ada gak majalah yang nerima cerpen tapi baru ngirim sekali..?
    terus kalo mbak sendiri pertama ngirim apakah langsung diterima ke majalah yang mbak kirimin pertama kali?

  20. Viya

    mbak saya mau nanya nih, kira-kira majalah yang tema cerpennya cocok atau boleh menggunaka bahasa gaul (tidak baku) majalah apa ya mbak? trima kasih mbak saya tunggu jawabannya :)

Berikan Balasan

